Earthscraper Project (Wow)


This is amazing project in century of 21th

Big Dreaming ! Hopefully Implemented !

Oneday, i wish will visit there

 

— Profil Proyek Earthscraper — 

Arsitek : BNKR Arquitectura
Lokasi : Mexico City, Mexico
Partners : Esteban Suarez (Founding Partner), Sebastian Suarez
Project Leader: Arief Budiman (Indonesian)!
Project Team : Arief Budiman, Diego Eumir, Guillermo Bastian, Adrian Aguilar
Collaborators: Jorge Arteaga, Zaida Montañana, Santiago Becerra
Area: 775 ribu m2
Status : Kompetisi
Isi bangunan : Museum, kantor, pertokoan, dan tempat tinggal

 

— HISTORY —

Dunia arsitektur digemparkan dengan sebuah inovasi design yang tak biasa. Sebuah perusahaan di Meksiko merencanakan sebuah bangunan pencakar bumi atau earthscraper. Sebuah gedung berbentuk piramida terbalik, akan berdiri tegak di bawah lapisan bumi.

Bangunan ini menjadi sorotan dunia, sebab proyek ini akan menjadi sejarah baru bagi dunia arsitektur.

Megakarya ini diciptakan oleh arsitektur Meksiko, Esteban Suarez. Dia sekaligus founder sebuah perusahaan konstruksi BNKR Arquitectura.

Dari sejumlah bangunan yang dikerjakaan memang memiliki karakter kuat nuansa yang tidak biasa. Gedung dan hunian yang diciptakan sangat atraktif dengan nuansa garis radikal.

Gedung piramida terbalik ini akan memiliki 65 lantai ke bawah. Sebanyak 35 lantai terbawah akan menjadi pusat perkantoran.

Sementara 10 lantai di atas area perkantoran dirancang sebagai tempat tinggal, 10 lantai di atas area tempat tinggal atau pemukiman adalah pusat perbelanjaan, dan 10 lantai di atas pusat perbelanjaan adalah museum.

Permukaan paling atas dari gedung terbalik ini akan ditutupi lantai yang terbuat dari kaca seluas 240 meter x 240 meter. Tujuannya, agar bangunan tersebut mendapatkan cahaya alami dari dunia atas.

Sebenarnya, motivasi di balik proyek ini adalah untuk mengembangkan jenis konstruksi baru, yang bisa menjadi cara untuk mengembangkan pusat kota. Di mana pengembangan kota sangat penting bagi aspek sosial dan politik, namun terkadang terkendala luas lahan bangunan.

Namun, dia mengakui, bahwa dalam merealisasikan megaproyek ini harus dikerjakan secara hati-hati, sehingga kebutuhan pengunjung pertokoan ataupun penghuni kantor dan hunian di bawah kedalaman 300 meter ini dipastikan nyaman.

 

— PROTOTYPE —

 

— INTERVIEW WITH ESTEBAN SUAREZ —

Bagaimana awal tercetusnya project Earthscraper (pencakar bumi) pertama dunia di Mexico?

Proyek ini awalnya merupakan proposal untuk kompetisi internasional berkonsep gedung pencakar langit. Sejak itu telah mendapatkan eksposur signifikan dari media dan mendapat respons yang baik.

Apa yang menjadi alasan dibangunnya pencakar bumi?

Motivasi di balik proyek ini adalah untuk mengembangkan jenis konstruksi baru, yang bisa menjadi cara untuk mengembangkan pusat kota. Di mana pengembangan kota sangat penting bagi aspek sosial dan politik. Namun dibangun secara menurun, karena keterbatasan dan aturan batasan bangunan.

Bisakah Anda menjelaskan design pencakar bumi secara detail?

Kami pertama-tama ingin menyatakan bahwa earthscraper merefleksikan respons kami terhadap situs yang terletak di pusat kota.

Gedung pencakar bumi ini terletak di bawah sebuah situs yang sangat penting bagi Meksiko, yakni Pusat Sejarah Meksiko City (Historic Center of Mexico).

Pembangunan gedung pencakar bumi ini sebagai satu-satunya solusi yang memungkinkan untuk menciptakan ruang hunian, ritel dan kantor modern.

Mengapa Anda memilih earthscraper?

Di daerah ini (Historic Center of Mexico), diberlakukan sebuah aturan tata bangunan yang ketat. Wilayah di pusat sejarah ini sangat memiliki keterbatasan dalam pengembangan, Jadi, alasannya karena pembatasan ini.

Artinya proyek ini tidak akan menghapus nilai sejarah?

Proyek gedung pencakar bumi ini berusaha untuk menghormati kedua cakrawala, yakni  melindungi daerah terbuka situs sejarah dan sekaligus secara radikal mengubah sifat daerah ini. Pembangunan ini sebuah revitalisasi, sekaligus membuka lembaran era baru.

Ini menghormati kedua nilai ruang kosong dan densifikasi tinggi. Ini akan menjadi jenis gedunglandmark baru, baik dari segi invisible dan monumental

Apakah lokasi yang dipilih sudah tepat? Apa pertimbangannya?

Bangunan pencakar perut bumi merupakan sebuah solusi spesifik dari sebuah keadaan, yakni tingginya permintaan lahan, sentralisasi, dan aturan pembatasan pembangunan gedung pencakar langit (karena adanya situs sejarah di pusat kota).

Apa keunggulannya project ini ?

Manfaat earthscraper adalah bahwa gedung pencakar bumi ini bisa dibangun pada sebuah daerah, di mana bangunan pencakar langit secara hukum dilarang.

Banyak kalangan yang menilai bangunan itu sangat riskan, bagaimana menurut Anda?

Ini adalah sebuah proyek ambisius dan eksperimental. Jadi kami  melibatkan penelitian intensif ke dalam sebuah jenis konstruksi. Ini dilakukan dalam rangka untuk memastikan tidak ada risiko.

Di mana letak risiko yang akan timbul dalam gedung tersebut, dan bagaimana antisipasinya?

Tantangan teknis dalam desain antara lain bagaimana menangani adanya jalur groundwater (air tanah), bagaimana proses penggalian dan bentuk rongga ditangani, bagaimana mengelola cahaya dalam gedung, dan bagaimana kualitas udara dapat tetap terjaga.

Juga, kami percaya salah satu tantangan utama yang dapat kami raih adalah memastikan orang dapat keluar dari gedung dalam situasi darurat, seperti banjir, kebakaran atau gempa bumi.

Siapa sebenarnya yang mendisgn project itu?

Yang mendesign adalah saya, Esteban Suarez, bersama dengan tim projek dari BNKR.

Dalam proyek ini, BNKR melibatkan warga negara Indonesia (WNI), benarkah? 

Benar. Dia adalah Arif Budiman. Dia adalah pemimpinan dari sebuah tim yang mendesign konsep proyek.

Kapan proyek itu akan direalisasikan?

Semenjak proyek ini dimulai mengundang perhatian publik, kami terus berkordinasi,  bertemu dengan pemerintah kota untuk mendiskusikan bangunan ini. Sampai saat ini masih dalam tahap pembahasan.

Apakah pemerintah Meksiko sudah memberi izin?

Belum ada keputusan yang konkret mengenai pembangunan konstruksi. Saat ini pihak berwenang di Meksiko tengah fokus dalam pemilihan presiden di musim panas.

Persyaratan apa saja yang harus dilakukan agar bangunan itu aman digunakan, baik dari sisi legalitas maupun kontur tanah?

Bangunan ini tentunya harus mengamati semua persyaratan keselamatan saat di dalam gedung.

Struktural bangunan akan perlu dirancang sedemikian rupa, sehingga tidak menempatkan bangunan sekitarnya menjadi bahaya.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun project itu?

Kami memproyeksikan akan memakan waktu delapan tahun.

Mengapa begitu lama?

Bahwa perlakuan situs bersejarah tersebut harus layaknya sebuah penggalian arkeolog, karena itu menjadi penting dan menjadi sebuah sejarah besar.

Tehnik pembangunan yang digunakan menggunakan sistem apa?

Bentuk dan penggalian perlu dilakukan pada sudut yang akan mempertahankan integritas struktural bumi di sekitarnya. Ini adalah apa yang memberi bentuk pada piramida terbalik.

Bagaimana dengan sirkulasi udara di gedung itu?

Memiliki vegetasi yang tumbuh di teras interior bangunan. Itu akan menjaga kualitas udara. Selain itu, sistem ventilasi pasif harus ditempatkan dan dilengkapi dengan ventilasi mekanis.

Bagaimana dengan sirkulasi pencahayaan di gedung itu?

Rongga sentral dengan bentuk yang bertingkat memungkinkan setiap lantai untuk menerima sebagian dari cahaya. Namun, lantai bawah perlu diterangi menggunakan serat optik untuk meningkatkan kegelapan di lantai bagian bawah.

Bagaimana dengan tekanan udara di gedung bagian bawah?

Tambang terdalam di dunia adalah lebih dari 3,5 kilometer di bawah tanah. Sementara kedalamanearthscraper hanya 300 meter.

Bahkan pada kedalaman ekstrim, permasalahan tekanan udara tidak seberat masalah kualitas udara atau ketinggian suhu, meskipun tidak ada yang menginginkan hal ini akan menjadi masalah bagiearthscraper.

Berapa dana yang akan digunakan dalam pembangunan itu?

Belum ada jumlah anggaran yang pasti. Karena saat ini masih dalam tahap pengembangan. Tetapi jika dilihat dari konstruksi dan jenis bangunan, dana yang diperlukan sekira USD750 juta.

Dana yang diperoleh dari mana? 

Saat ini belum ada dana yang terhimpun untuk pembangunan tersebut.

Kita perlu lebih dahulu mendapatkan persetujuan pembangunan earthscraper dari otoritas untuk kemudian bisa mencari sumber dana. Tapi, kita telah berbicara dengan beberapa investor potensial dan mereka telah menunjukkan minat yang besar.

Bagaimana dengan prospek bisnis gedung ini, mengingat pembangunan pencakar bumi baru pertama kali di dunia? Artinya, sebagai warga awam, pastinya akan ada ketakutan akan risiko untuk membuka bisnis di Earthscraper.

Bangunan harus dianggap sebagai bagian dari proyek politik yang lebih luas bagi pembaruan perkotaan. Meski konstruksi eksperimental dan biaya sangat besar, dapat diimbangi dengan insentif yang ditawarkan pemerintah untuk pengembangan bangunan ini (termasuk pengurangan pajak).

Kami juga harus mempertimbangkan adanya potensi peningkatan biaya dan membuat proyek ini menarik di mata investor. 

Apa harapan Anda dengan project ini?

Kami sedang merencanakan pembicaraan dengan pejabat kota.

Kami berharap bahwa proyek ini akan menggebrak proses gentrifikasi yang akan merevitalisasi pusat bersejarah Mexico City.

Apa kontribusi bangunan ini bagi Pemerintah Meksiko?

Tantangan politik utama dari bangunan ini adalah untuk memberi kekuatan baru bagi pusat sejarah di Mexico City, yang telah mengalami pertumbuhan populasi sangat pesat sejak 1970. Juga membantu kerusakan, yang selama ini ditangani oleh program pemerintah.

 

__berbagai sumber__

 

 

 

 

 

2 thoughts on “Earthscraper Project (Wow)

  1. Ouu idea baru, baguslah…
    sebab mexico sangat rawan terhadap gempa ( menurut sejarah), artinya sangat berbahaya bila untuk bangunan dengan jumlah tingkat tinggi. berarti sebaliknya kalau kebawah pasti aman. betulkah? perlu pembuktian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s