Sea Games 26th Indonesia ( Jakarta – Palembang )


Saya akan membahas mengenai Sea Games 26th Indonesia yang telah dilangsungkan pada 11-11-11 (nice date) di Palembang dan Jakarta.

Saya bersyukur Sea Games kali ini dihelat di Jakarta tempat saya tinggal, jadi cukup dekat untuk menuju venue sebagian pertandingan.

Pada kesempatan itu saya menyaksikan pertandingan Qualification Football, Final Football, Qualification Badminton, Final Badmintion, dan Shironji Kempo. Kesempatan itupun didapat saat tugas lagi menggunung, project work II mengejar (-_-) jadi pintar-pintar luangin waktu

Semua pertandingan tersebut saya saksikan dengan free ! haha (Alhamdulilah).  Bukan karena saya menjadi volunteer dan sebagainya (boro-boro deh ada waktu, kuliah aja lagi keteter) tapi karena kebaikan orang-orang disekitar saya ! dari mulai masuk cuma-cuma sampai dibeliin tiket (^_^).

Untuk freepass qualification badminton, qualification football, final shironji kempo (tengs miss and duyung) ! untuk final badminton setengah harga dari (miss) tapi digratiskan oleh (ms.baptise ^_^). Untuk final football gratis dari abang ipar (tengs!).  Kalo dirupiah-in semua gatau deh berapa itu, makasih semua ! haha

Setelah diingat-ingat sih itu emang rejeki balasan juga karena lagi banyak sedekah. Padahal minta/berharap-nya hal lain tapi dibalesnya plus nonton banyak pertandingan Sea Games . haha (Alhamdulilah)

Okey, saatnya menikmati pahlawan-pahlawan olahraga…

SHIRONJI KEMPO

Asli pertama cuma bengong ngeliat pertandingan ini, tapi karena dijelasin sama temen yang ngaku-nya athlete kempo tingkat provinsi jadi saya cukup paham (sorry, duyung!) hihi. Saat masuk ke venue lewat lift athelet (dengan sok nya si temen merasa athlete juga)haha tapi keluarnya lewat biasa.

Cabang beladiri yang berasal dari Jepang  ini tidak membosankan, energic, dan kostum wasitnya pun menarik.hehe. Dari cabang beladiri ini pula Indonesia banyak mendulang emas. Yak saya menyaksikan berkali-kali bendera merah putih dikibarkan dan lagu Indonesia Raya dikumandangkan. Asli tetep sedih saat seperti itu meski udah beberapa kali dari venue berbeda. Usut punya usut ternyata Timor Leste yang cerai dari Indonesia itu akhirnya pecah telor emasnya selama mengikuti Sea Games yah di cabang ini, Timor Leste memperoleh satu medali emas (coba masih gabung, sama-sama 182 emas lho)haha

Personil Smash pun kata si temen adalah athlete kempo juga wilayah bogor (Saat itu ada dia sedang menyaksikan). Okeh menambah pengetahuan tentang olahraga Shironji Kempo dan menambah proud dengan Indonesia saat menyaksikan cabang ini.

Oia si teman saya ini dapat memelintir tangan dengan sekejap ! haha

Medal's Ceremony

Selebrasi bendera

BADMINTON

Cabang bulutangkis adalah cabang favourite saya ! Love it ! karena saya bisa di cabang ini. hehe. Datang saat kualifikasi masih sepi penonton dan pemain pun masih banyak yang belum berimbang perlawanannya. Saat itu saya keluar venue sebelum habis partai pertandingan karena jenuh dan diisi foto-foto dengan maskot Sea Games Modo dan Midi (^_^)

Saat Final individual badminton ini adalah saat yang serru sekali. Bagi partai yang all-indonesian final yah biasa aja. Tapi saat tunggal putri itu mendebarkan dan di tunggal putra puncaknya ketegangan karena tiga set, point beda tipis dan saat itu badut berisik suporter thailand muncul jadi membikin gaduh dan perang yel-yel. Walaupun saya suka ketawa liat tim pendukung thailand si suporter badut music dan kumpulan athlete thailand. Mereka berjoget yang lucu sekali ,hehe.

Saat Final tunggal putra mau berakhir ini pula saya menerobos bangku VVIP (tanpa berdosa) untuk berfoto dengan athlete thailand dan si badut music setelah itu menjadi barisan depan yang menerobos ke lapangan sekaligus ke dekat podium (banyak awak media). Sudah bisa ditebak habis itu foto-foto dan keadaan ramai, penonton banyak juga yang kelapangan. haha

Disana juga saya ketemu orang-orang pecinta bulutangkis cukup gila ! hehe.  Hay miss you all ! dan terima kasih buat yang fotoin saya dan nemenin ngejar para athlete si ms.baptise (^_^)/ kita beruntung pas terakhir diluar, insting gw kuat !haha

Momen Merah Putih dikerek keatas dan Indonesia Raya didendangkan adalah saat merinding-ding pas tunggal putra dimenangi. Semua berdiri, menyanyikan dan bangga gitu dengan Indonesia (Ironis kalo liat berita-berita korup). Lagu Indonesia Raya benar-benar jelas dinyanyikan (indoor) beda hal dengan football. Mungkin telinga jadi sedikit sakit. hehe

Miss this moment !

Medal's ceremony

Proud Indonesia

Miss this moment!

FOOTBALL 

Saat nonton kualifikasi sepakbola (kelas 1) sudah sangat ramai penuh sesak. Untungnya saya masuk di jam awal jadi masih bisa pilih bangku. Saat seperti ini udah gabisa saya jelasin dengan kata-kata lagi, dari jalanan sudirman, gerbang gelora bung karno, kawasan GBK, semuanya deh Meraaah, didalamnya juga. Ahh indah banget deh kaya bersatu gitu, yel-yel dan gelombang tangan ah, deg-deg an nya, teriak-teriak nya, miss this moment banget pasti !

pas Final ? udah lebih dari yang kualifkasi Crowd nya ! lebih miss this moment ! tapi hasil akhirnya yang kalah bikin bengong beberapa saat. Semangat GARUDA MUDA !

oia pas babak final saya nonton sendiri hampir depan dekat lapangan hijau sebelah saya ibu-ibu yang jagain anaknya macam the jack gitu. di edisi berikutnya akan saya tulis tentang itu (^_^)

Miss this moment, FULL !!!

Penalty !

Merah Putih !

 

 

Terima kasih pahlawan olahraga! official! penyelenggara! Coach! dan pihak lain menjadikan Indonesia Juara Umum kembali.

Ingat regenerasi harus terus berjalan dan dipercepat !

Masih ada event lain yang lebih prestisius , Asian Games dan Olympic !

 

_@alisunandar_

 

 

 

 

 

 

One thought on “Sea Games 26th Indonesia ( Jakarta – Palembang )

  1. Gw waktu ke palembang jg nengok ke Jakabaring..
    menarik banget lo bs nonton pertandingannya. Gw waktu kesana isinya wisma atlet dan tukang2 yang masih pada kerja, padahal sea gamesnya dah kelar.

Tinggalkan Balasan

