Demonstrasi BBM


Akhir – akhir ini pemberitaan mengenai kenaikan harga bahan bakar minyak menjadi trending topic masyarakat Indonesia banget.Ya, untuk saudara saya setanah air tolong jangan membuat kegaduhan dengan demonstrasi anarkis dan merusak. Saya akan mengklasifikasikan dan mengingatkan kalian lagi :

1) Apakah di Pemilu kemarin kalian pemilih president incumbent? Jika ya , malu dong kalo demonstrasi sama pilihan kalian sendiri, itu sudah konsekuensi pilihan kalian. Mangkanya Pemilu jangan dianggap enteng atau jangan mau diajak golput, de el el. Pemilu itu akan multieffect bagi banyak segi kehidupan di negara kita jadi difikirkan dengan matang sebelum memilih apakah sejalan dengan impian/ visi anda. Kebetulan saya tidak memilih incumbent, jadi saya berhak untuk memprotes.. hehe

2) Buat kalian yang berstatus mahasiswa yang “murni” menggerakan aspirasi masyarat tanpa bayaran/sogokan manapun coba deh dipikirkan lagi bahwa tingkat berfikir kalian sudah tidak lagi anarkis, dll. Kita harus menelusuri kebijakan dari perundang-undangan tentang migas dan pertambangan, yakin deh ga ada sesuatu perundangan yang kaku dan perfect sehingga harus terus direview oleh kita ini sebagai wakil nyata rakyat dan telah memiliki modal tingkat berfikir analisis.

3) Buat kalian yang tetap demo anarkis, tolong kalian melakukan perjalanan ke pelosok negeri kita, mereka sudah terbiasa dengan harga minyak yang mahal dan terbatas pula ditambah jika kalian anarkis akan secara langsung mempengaruhi kehidupan mereka. Ga percaya? apapun yang terjadi di kota besar akan memberikan effect besar ke pedalaman, gampangnya suplai bahan pokok akan sangat terganggu, hasil pertanian/perkebunan mereka siapa yang mau beli ditengah kesemrautan situasi? ujung-ujung nya kehidupan saudara kita dipelosok makin sulit kan? dan itu hanya sedikit saya paparkan effect apa jika kalian tetap merusak bukan aspirasi membangun.

4) Buat kalian pihak yang mencari “pencitraan” dari kejadian tipikal seperti ini , aduh tolong jangan perkeruh suasana apalagi niat – niatan pake spanduk segala. Pencitraan kalian itu hanya sementara, pencitraan yang dibuat instan dan menunggangi booming permasalahan akan tidak berlangsung secara lama malah akan menjadi bumerang, percaya deh. Jangan sedikit-sedikit kesalahan orang/partai menjadi santapan kalian. Coba lihat kalian dulu. Jangan-jangan “semut disebrang lautan keliatan, gajah dipelupuk mata tidak kihatan” , right ?

5) Nah buat yang para pakar , mahasiswa, masyarakat umum yang bersabar, memberi aspirasi membangun dan bertindak “melawan ” secara kreatif atas kenaikan ini saya acungi jempoll. Next pemilu lebih pintar lagi yah memilih pemimpin negeri kita !! ^_^

Well, dasarnya saya tidak setuju dengan kenaikan bahan bakar minyak itu, alasannya sederhana : pasti yang lain jadi ikutan naik. Pemerintah sudah sejauh apa sih  usahanya? Toh Produksi minyak merosot terus. Gagal disegala aspek di bidang migas ataupun tambang adalah pengakuan yang harus diakui secara  nyata !

Pertama, Indonesia belum masuk lagi kedalam kelompok pengekspor minyak (OPEC), coba deh jangan keribetan sepak bola yang belom masuk worldcup, mending urusin dan kasih treatment bagaimana negeri ini masuk kembali ke jajaran OPEC tersebut.

Kedua, Dokumen Kontrak tentang migas dan pertambangan tolong deh direview dan clear-in lagi, banyak kok ahli kita dibidang itu, tinggal pemerintah berani atau tidak!

Ketiga, Undang-undang tentang migas dan pertambangan harus lebih memihak negeri kita. tolong para ahli lakukan judicial review.

Keempat, budaya rakus, budaya instan, budaya birokrasi, budaya salam tempel, infrastruktur yang buruk dan lainnya itu yang menghambat segalanya mulai dari pencarian lokasi, produksi sampai distribusi

Kelima, sangat jarangnya Value dari produk migas dan pertambangan! dengan mudahnya barang mentah dijual, lalu beli lagi dengan yang telah diolah. Pemerintah harus yakin dan berani menambah Value migas dan pertambangan di negeri sendiri.

Keenam, Omong kosong dengan neraca perdagangan surplus kalau didalamnya dimasukkan penjualan barang mentah (yang tambang juga asing pula) nihil ! bodoh ! yang mengatakan surplus itu bodoh cenderung pencitraan sesaat dan menarik simpati, bagaimana tidak? itu barang tidak ada value nya apa yang mau dibanggain? yang patut dibanggain itu Tuhan karena tanah kita didalamnya ada beraneka produk bernilai tinggi.

Okey segitu dulu semoga bermanfaat bagi kalian.

Bagi yang berdemo teruskanlah, nitip aspirasi ! hehe

– @alisunandar –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s