I’tikaf Ramadhan 1433 H


Pada Ramadhan lalu secara sadar saya tersentak untuk melakukan I’tikaf untuk pertama kali dalam hidup saya, awalnya saya ingin mengungkapkan rasa terima kasih sama Allah udah itu ajah. Tapi lama kelamaan saya jadi pingin terus, apalagi membaca beberapa artikel tersentak dibuatnya. Masih muda, banyak waktu, banyak tenaga, dll bukan alasan bagi saya menolak I’tikaf. Apalagi semua dari kita yang beragama islam ingin mendapatkan malam Lailatul Qadr ketika berada di masjid bukan sekedar duduk dan ngobrol, tapi more than that.. ya ibadah intinya. Ibadah dilakukan dimasjid itu anything ya.. banyak jenisnya.

Allah itu dekat “fa innii qariib” minta di malam-malam 10 terakhir Ramadhan apa yang dihajatkan, merendah, menangis, mengadu. Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling mulia sepanjang tahun dan hari paling mulia sepanjang tahun adalah malam lailatul qadr didalamnya. Alangkah rugi banget melewatkan malam termahal sepanjang tahun itu.

Alhamdulilahnya dari sepuluh malam itu, setidaknya sembilan malam saya i’tikaf. Senang banget bisa i’tikaf sebanyak itu, ga nyangka (buat pertama kali) dan yang paling seneng ngajak temen yang berbeda-beda di tempat yang beda pula. Saya mendatangi hampir seluruh Masjid raya sekitar Jakarta (bergiliran pada malamnya) yaitu Masjid Istiqlal, Masjid Al-Azhar Pusat, Masjid Bank Indonesia, Masjid Pondok Indah, Masjid At-tin, Masjid Sunda Kelapa. Dari semuanya saya jadi tau mana Masjid yang siap melayani umat nya mana yang belum siap, mana masjid yang full program dan sponsor banyak, mana pula Masjid yang satu rakaat nya bisa satu juz. Begitu pula Jama’ah nya keliatan banget di Masjid mana aja yang berkualitas (versi subjektif saya). Seperti itulah beraneka ragam . Tapi pas hari-hari terakhir saya fokus di satu masjid yang sudah comfort dengan managementnya / pengurusnya lebih siap.

Harapan saya sederhana buat Ramadhan tahun depan, diberikan kesehatan, diberikan kelonggaran waktu, dan diberikan rezeki untuk i’tikaf lagi.

I'tikaf di Masjid Istiqlal

I’tikaf di Masjid Istiqlal

I'tikaf Masjid Al-Azhar Pusat

I’tikaf Masjid Al-Azhar Pusat

I'tikaf Masjid At-tin

I’tikaf Masjid At-tin

I'tikaf Masjid Sunda Kelapa

I’tikaf Masjid Sunda Kelapa

I'tikaf Masjid Pondok Indah

I’tikaf Masjid Pondok Indah

I'tikaf Masjid Bank Indonesia

I’tikaf Masjid Bank Indonesia

If you want to “talk” to Allah, then pray. And if you want Allah “talks” to you, then read Qur’an. If you want to Lailatul Qadr belongs to you, then I’tikaf.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s