Mahasiswa Indonesia ~ the young generation


Dikutip dari  jawaban mas Anies Baswedan :

Kalau melihat tuntutan jaman saat ini, menurut Mas Anies, mahasiswa seperti apa yang dibutuhkan / diharapkan?

Mahasiswa yang mengembangkan kompetensi dirinya dengan kompetensi skala global. Anda yang sedang kuliah sekarang, kembangkan komptensi Anda sehingga Anda bisa menjadi manusia warga dunia. Anda lulusan Fakultas Ekonomi UGM tapi Anda tidak harus bekerja di Jogja, Jakarta, Palembang dan Serang. Tapi Anda harus bisa bekerja di London, New York, Tokyo, Singapore, dan Frankfurt. Anda bisa kesana jika Anda bisa bermain dengan kompetensi skala global. Anda, tugas mahasiswa Indonesia hari ini adalah memiliki kompetensi sehingga Anda bisa berlaga dilevel global, karena masa depan kita berada dilevel global.

Yang kedua mahasiswa Indonesia harus memiliki kepemimpinan yang kuat dan akar di rakyat Indonesia yang solid, Anda harus paham tentang Indonesia, jadi harapan saya bagi mahasiswa Indonesia sekarang memiliki kompetensi global dan pemahaman kecintaan terhadap Indonesia yang kuat. You can be, Anda bisa menjadi warga global tapi tetap Anda tetap orang Indonesia.

Mungkin ada Harapan yang Mas Anies lebih tekankan ke mahasiswa Indonesia?

Pesan saya, proyeksikan diri Anda ke masa depan, dan lihat hari-hari kedepan . Anda pernah buat CV? Saya minta mahasiswa menulis CV tahunnya 2031.Saya minta Anda proyeksi Anda dimasa depan 20 tahun lagi, Anda tulis CV seakan-akan sekarang adalah tahun 2031. Anda tulis dimana alamat Anda?, dari situ Anda bekerja dimana?, keluarga Anda seperti apa?, keluarga yang dibangun seperti apa?. Itu adalah proyeksi mimpi, kebanyakan kita menulis CV sebagai koleksi atas masa lalu, saya ingin Anda menulis CV sebagai blueprint masa depan. Saya selalu melihatnya kedepan , kedepan, dan kedepan terus, karena menurut sudut pandang saya, muda atau tua tidak ditentukan usia tapi pandangan. Jika Anda menengok masa lalu terus maka Anda adalah orang tua, berapapun usia Anda, jika Anda menengok kedepan terus maka Anda adalah muda, maka yang menentukan muda atau tua adalah pandangan kita bukan angka di KTP.

WISDOM !!!!! Semoga saya dapat seperti yang diharapkan Pak Anies B.

 

 

Tinggalkan Balasan

